Selasa, 20 Maret 2012

Apa Itu Magnet ?

Mungkin beberapa orang cuma mikir magnet dimulai dari hiasan kulkas, dinamo, dan berakhir di pintu kulkas, haha. Atau mungkin seperti mainan magnet anak" yang didapet dari hadiah suatu makanan kecil, atau ada yang menyebutkan kata-kata magnet.

Sebenarnya magnet itu bukan hanya benda diatas tersebut karena cakupan magnet itu luas loh. Tanpa kira sadari magnet itu sudah ada dimana-mana, hampir di semua teknologi terdapat magnet, didalam tubuh manusia pun terdapat magnet bahkan disekitar kita juga ada magnet yang berasal dari magnet bumi.

Apa sih magnet itu ??

Bentuk, Ukuran, Sifat magnet itu bermacam-macam, beberapa jenis magnet ada yang tahan sangat lama kemagnetannya tapi beberapa magnet lainnya ada yang hanya memiliki sifat kemagnetan beberapa detik saja.
Ada magnet yang berbentuk seton raksasa ada juga magnet yang hanya bisa di lihat melalui mikroskop. 
Ada magnet yang dibuat langsung oleh alam dan ada juga magnet yang dibuat oleh manusia.
Juga Intensitas kemagnetan magnet itu pun pasti berbeda-beda.

Menurut Para Ahli, dan Para ahli itu pun percaya bahwa Magnet Bumi itu terjadi dari hasil aliran arus konveksi cairan di inti terluar bumi,yang kemudian arus-arus tersebut mengalir sepeti solenoid didalam bumi melalui konduktor yang ada didalam bumi karena didalam bumi sebagian besar adalah konduktor baik yaitu besi (Fe).

Hampir semua magnet punya sifat dasar yang sama, yaitu mereka memiliki dua kutub yaitu KUTUB UTARA dan KUTUB SELATAN. dan semua garis-garis medan medan magnetnya berjalan dari selatan ke utara. Magnet itu di bagi dua yaitu ada Magnet Permanent dan Magnet Non Permanent.

Pada awalnya juga manusia jaman dahulu menemukan Magnet Permanent terlebih dahulu dalam bentuk serbuk besi dan potongan-potongan kecil yang baru kemudian pada zaman sekarang dikembangkan produk Magnet non-Permanent
Orang-orang itu pertama kali menemukan magnet diperkirakan yaitu pada tahun 600 SEBELUM MASEHI.

Pada saat itu magnet yang mereka temukan yaitu Magnetit mineral yang merupakan jenis Magent Alami. Salah satu jenis magnet yang pertama kali di temukan yaitu adalah LODESTONE, yaitu magnet yang memiliki properti tambahan polaritas dan hal itu lah yang dapat membuaat LODESTONE  menyelaraskan diri dengan medan magnet bumi.






Penemuan Lodestone tersebut adalah awal dari penemuan kompas, yang kemudian digunakan sebagai alat  navigasi pada awal 1086.Tidak seperti Magnet Non Permanent, Permanent Magnet pada dasarnya akan berada dalam keadaan tetap untuk sementara waktu- perlu di klarifikasi bahwa sebenarnya Magnet Permanent bukan berarti magnet tersebut bersifat magnet selamanya, melainkan perlu diambil suatu cara untuk men'demagtize magnet tersebut secara kini. Anda tidak dapat merubah sifat kemagnetan dari Magnet Permanent secara cepat, secepat menekan switch on.


Nah semua Magnet Permanent di klasifikasikan kedalam material berkelas Ferromagnetic.

Perbedaan secara kompleks antara Magnet Permanent dan Non Permanent dapat terlihat dalam gelombang magnetik tingkat atom. Yang Kedua nya merupakan dua fenomena yang sangat berbeda.


Selanjutnya yaitu adalah sifat-sifat magnet.

Hampir semua magnet adalah turunan dari elektron. Dalam hal ini yang dimaksud Magnet Permanent adalah elektron-elektron yang berputar/mengorbit yang kemudian menghasilkan magnet, lain halnya dengan elektron yang mengalir melalui sebuah konduktor.
Bumi adalah magnet yang sangat besar, sedangkan elektron adalah partikel kecil. tetapi keduanya memiliki kesamaan yaitu memiliki kutub utara dan kutub selatan, dan juga berputar di sekitar sumbunya.

Dalam keadaan berputar, keduanya  menghasilkan medan magnet yang sangat kecil namun sangat signifikan. setiap elektron memiliki satu dari dua kemungkinan untuk dijadikan sebagai porosnya.
Hampir semua bahan dapat di magnetitasi baik secara alami maupun melalui induksi listrik. Dan hampir dalam semua bahan, atom-atom tersusun sedemikian rupa sehingga salah satu orientasi dapat mematahkan orientasi yang lain.

 FAKTA FISIKA : 
Beberapa ilmuwan berfokus pada kedua kutub magnet Bumi dan lokasi geografis mereka. Kutub magnet yang berada dekat Kutub Utara sering disebut bumi "Magnetik Kutub Utara". Namun, yang sebenarnya di di Kutub Utara Bumi lah letak Kutub Selatan magnet BUMI berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar